Blognya Muhammad Adjie

Hubungi saya di cyber.xr@engineer.com

Blog Seputar Dunia Teknologi & Informasi IT.iyaiyaiya

Thursday, May 14, 2015

Cara Konfigurasi TP-LINK MR-3420 untuk WI-FI

  MANUAL BOOK KONFIGURASI TP-LINK MR-3420


Assalamualaikum wr.wb

Hai sobat semua. Kembali lagi bersama saya muhammad adjie ,Kali ini saya akan berbagi tutorial setting Router TP-link MR-3420 kepada sobat semua pembaca setia cybermediainfo.
sama seperti yang kemarin ,selain  CARA FILTERING INTERNET DI WIRELESS ROUTER LINKSYS | Konfig Lengkap++
 Saya juga menggunakan perangkat merk TP-LINK MR-3420 ini pada saat praktek kerja industri ,jadi saya juga ingin berbagi pengalaman saya selama berada disana.
 Pertama-tama , apa sih TP-LINK itu ? pasti sobat penasaran kan ?? daripada makin penasaran ,nih saya perlihatkan kepada sobat semua gambarnya / penampakan dari TP-LINK MR-3420 


 Nah itulah penampakan dari TP-LINK MR-3420

" nah terus kegunaan nya buat apa ji ? " 

" ya buat bikin WI-FI lah. wkwkwk :v "

TP-LINK 3G Wireless N Router TL-MR3420 merupakan sebuah perangkat berteknologi wireless yang memungkinkan sobat untuk membuat area hotspot serta berbagi koneksi broadband 3G ataupun koneksi dari kable / ADSL dengan keluarga atau rekan-rekan sobat baik di rumah maupun dikantor sekalipun.

  Dengan menghubungkan modem USB ke router, hotspot Wi Fi akan segera tercipta dan dapat digunakan untuk mengakses internet. Penghubungan koneksi ini bisa dilakukan dimana saja dengan syarat harus dalam lingkup sinyal jangkauan 3G. Modem yang digunakan bisa UMTS, HSPA, atapun EVDO USB.Atau bisa juga menggunakan koneksi internet dari kabel UTP yang terhubung ke SWITCH sobat.

 Jadi intinya , perangkat TP-LINK itu fungsinya yaitu untuk berbagi koneksi internet melalui jaringan WI-FI (you know lah)



Ya ,langsung saja beginilah konfigurasinya :

1. Buka web browser anda ,disini saya mengalamatkan ip’nya (alamat TP-LINK'nya) 192.168.10.207
Jadi,saya disini akan ketikkan 192.168.10.207


2.Lalu tekan enter ,dan muncul halaman login seperti ini ,masukan username dan password tp-link sobat ,kemudian enter.
saya mohon maaf gambar kurang relevan ,karena file di harddisk saya ternyata hilang untuk gambar yang 3 awal ini >_< . tetapi tak apa ,pasti sobat tau sendiri ko' cara masuk ke halaman tp-linknya 




3.Lalu akan muncul halaman seperti ini



4.disini kita bisa melihat ,informasi LAN kita,WIRELESS kita ,dan info” lainnya.



5. Masuk bagian quick setup.
Pada bagian ini ,kita dapat membuat suatu koneksi internet  nirkabel /wireless ,dengan menggunakan WAN/3g/4g. 


6.Masuk menu WPS (wifi protected setup)
Disini kita dapat memberi akses wifi terproteksi (hanya user yang anda kenali yang dapat menggunkannya). Biasanya menu ini digunakan untuk handphone Blackberry,karena biasanya blackberry suka susah akses wifi tp-link ,tetapi kalau di akses-kan terproteksi di WPS ,dia baru mau konek.



7.Masuk pada menu network,ini berisikan pengaturan internet access,LAN,WAN,dll.




8. Di menu LAN ,kita dapat mengubah alamat local TP-LINK kita ,bias melihat MAC address,serta subnet mask.  disini saya menggunakan alamat 192.168.10.207 ,biasanya alamat ini digunakan untuk login di web browser. 



9.Di bagian wireless ,kita dapat membuat jaringan hotspot kita sendiri misalnya nama hotspot ,keamanannya ,dan lain-lain sesuai keinginan dan kebutuhan sobat.




10. di bagian wireless security kita dapat membuat password WIFI hotspot kita menjadi ter-enskripsi dan lebih aman (untuk orang tertentu )  ataupun terbuka ( untuk umum )



11.Di bagian wireless MAC filtering ,kita bias membuat daftar dimana alamat mac address yang kita daftarkan saja yang mendapat akses WIFI yang kita buat. jadi kita harus tahu mac address device-device yang ingin mendapat akses internet yang di "khususkan" ,atau mereka yang mengajukannya sendiri kepada kita supaya lebih aman dan bisa diatur akses internetnya .



12. Di menu DHCP ,kita dapat memberikan alamat IP secara DHCP. jadi disini kita akan memberikan/menyewakan IP address kepada client yang terhubung secara otomatis. 
 


13. Ini adalah bagian access control . seperti namanya, kitalah yang mengatur akses control dari router kita. Mau allow jaringan atau di deny jaringan'nya.



14. Di Menu bandwith control ini kita bias membatasi berapa banyak bandwith maksimal yang dipakai untuk upload ataupun download . Jadi disini kita akan atur penggunaan bandwith'nya biar nggak boros bandwith. 




15. Di menu System Tools kita bias mengatur Waktu,mendiagnosa,Mengupgrade firmware ,mengganti Password login, Me reboot ,dan lain-lain.






Demikianlah tutorial singkat ,padat,jelas,dan berisi tentang cara konfigurasi Router TP-LINK MR-3420 dari saya.


Semoga bermanfaat :)

16 comments:
Write comments
  1. Replies
    1. ke bb pake mode wps coba gan,ane udh nyoba soalnya & work..

      Delete
  2. gimana cara setting bandwith controlnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai contoh diasumsikan pada sebuah perusahaan terdapat 50 komputer, 4 komputer diantaranya adalah komputer pada ruang direktur dan manajer (192.168.1.101 - 192.168.1.104), dan sisanya milik karyawan (192.168.1.105 - 192.168.1.150). Untuk direktur dan manajer dijatah bandwith lebih besar dan sisanya untuk karyawan. Untuk mengaturnya silahkan menuju menu Rules List.Ada di tab bandwith control

      Delete
  3. Gam cara on/off sinyal wifi nya di bahian apa ya..soalnya ane kmren utak atif router lewat hp..pas udah di save eh signal wifi nya malah mati..mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di wireless > wireless settings di centang enable SSID broadcast,gan

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. gan kalau dari router tp link mr3420 yang koneksinya pakek usb modem trus disambungin lagi ke mikrotik router bisa gak?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Om, apa semua model USB Modem yg dijual dipasar support sama TP-LINK TL MR-3420? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalnya merk ZTE model MF-669, soalnya saya belum punya USB Modem-nya. Saya perlu rekomendasi..

      Delete
  8. mas kalo misalkan saya ga pake modem, pakeknya wifi usb extender TPLINK TL-WN823N buat nangkep wifi lain bisa ga?

    ReplyDelete
  9. Gan klo tp link MR 3420 sdh dihubungkan dgn USB Modem dan diseting apakah bisa digunakan tanpa perangkat lain

    ReplyDelete
  10. Assalamualikum kk.
    Kk mau tanya apakah TP-LINK TL-MR3420 bisa di konfigurasi tanpa mengunakan PC. Soal nya saya punya Tplink TL-MR3420 ini dan gak tau cara pasangnya. Sedangkan di rumah tidak mempunyai PC.Hanya SEMARTPHONE.

    ReplyDelete

Hey, saya juga punya blog lainnya lho- Adjie404
Join blog