Blognya Muhammad Adjie

Hubungi saya di cyber.xr@engineer.com

Blog Seputar Dunia Teknologi & Informasi IT.iyaiyaiya

Saturday, September 12, 2015

Cara Install Ubuntu 15.04 Dual Boot Dengan Windows | Live Practice


Assalamualaikum Wr.Wb 

Hai , kembali lagi bersama ane ,adjie ..
lama tak berjumpa ya.. :D
biasa ,ane lagi sibuk di dunia nyata..hehehe ^_^

kali ini ane akan menjelaskan tutorial menginstall ubuntu 15.04 dual boot dengan windows :D


saya asumsikan bahwa anda sudah menginstall windows sebelumnya , dan juga sudah menyiapkan partisi kosong (minimal 25GB lah :3 ) untuk menginstall ubuntu'nya, serta menyiapkan iso ubuntu 15 yang sudah dijadikan bootable di flashdisk :)
oke ,untuk mempartisi dan membuat bootable di flashdisk, saya tidak jelaskan disini ,tapi agan bisa mencarinya ko' di google ,banyaak :v


langsung aja ya, daripada ane kelamaan ngoceh ,wkwkwk

Langkah-Langkah Install Ubuntu 15.04 DualBoot dengan Windows :

1. Siapkan Flashdisk yang sudah diisi bootable ubuntu 15.04. Lalu restart windows > masuk ke BIOS laptop / PC agan (dgn menekan f2/delete) > lalu jadikan Flashdisk agan sebagai "Boot Priority" > setelah itu tekan f10 (save and exit), maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
 

2. Pilihi bahasa , defaultnya adalah inggris ,maka disini saya akan menggunakan bahasa inggris saja :D (biar keren)




 3.  Setelah itu muncul tampilan seperti ini , pilih saja "i don't need to connect to a wifi network right now"




4. Preparing to install ubuntu ,saya sarankan anda mencharge laptop anda selama proses penginstalan ini , pilih continue


5. Nah disini bagian penting .. pilih "Something Else" ya sob ,supaya windowsnya ga kehapus :v
 


6. Kita dihadapkan pada pembagian partisi (Nah Loh :3) eits ,tenang aja ane bakal kasih tau cara"nya yang baik dan benar ^_^ , asal disimak dengan seksama :v
 Sebelum dibagi" partisi maka tampilannya akan seperti dibawah ini sob,, kelihatan kan ,partisi" hardisknya. nah ,kan kita sebelumnya udah "menyiapkan" partisi buat dualboot ubuntu,itu harus diingat baik" berapa besar partisi yang agan buat (kalo perlu dicatet aja) ,supaya partisinya ga ketuker sama partisi si windows :)
disini ane bikin partisinya 38797MB,tuh yang /dev/sda2 ntfs :3 
terus agan klik yang /dev/sda2 ntfs,dipojok kiri bawah ada icon min ( - ) ,nah itu dipencet disitu gan supaya terhapus dulu :v
(*sory gambar belum ane edit >_<)


 7. Setelah di delete partisinya ,maka terlihatlah "Free Space" 38797MB (yeah :3)

 8. Setelah itu klik pada "Free Space" yang tadi , lalu lihat pojok bawah kiri yang ada icon ( + ) , nah itu di klik gan (buat bikin partsi) ^_^ disini ane buat partisi dengan ukuran yaitu 35.000MB > pilih type'nya Logical > pilih locationnya "Beginning Of This Space > pilih use as "Ext4 Journaling File System" > Pilih Mount Pointnya / .


 9. Setelah membuat partisi logicalnya ,lalu kita buat Swap Area dengan cara sama seperti sebelumnya ,yaitu dengan meng klik tanda + > lalu Buat size'nya "3797MB" > type'nya "PRIMARY" > Locationnya " Beginning of this space > dan jangan lupa ,USE AS "SWAP AREA"



10. Setelah semuanya selesai , maka tampilannya kurang lebih seperti ini ,nah disini kita pilih/klik partisi logical yang tadi sudah dibuat ,lalu klik INSTALL NOW dipojok kanan bawah 

 11. jika ada tampilan seperti ini ,jangan takut :v , pilih saja Continue :)




12. Pilih Lokasi ,disini saya pilih lokasi di jakarta


 13. PIlih keyboard layout .. Defaultnya adalah english US ,pilih yang english US ya broo > lalu continue


14. Nah disini kita masukkan nama agan,nama komputer ,username ,password , harap dicatet yaa (biar gak lupa :3),contoh untuk memasukkan'nya seperti dibawah ini nih ^_^ 

 15. Lalu Proses Instalasi akan Berjalan ^_^ (horee :v)
kita tunggu saja sampai proses instalasi ini selesai (sebentar kok ;) )








16. Proses Instalasi selesai ^_^ lalu klik "REBOOT NOW"

 17. Setelah restart maka otomatis agan akan masuk ke ubuntu/windows melalui "GRUB" yang telah dibuat ubuntu pada saat instalasi tadi ,pilih saja masuk ke ubuntu
oh ya ,jangan lupa ya FLASHDISK'NYA Dicabut sebelum masuk grub, supaya gan ngistall lagi ubuntu'nya :v :v
tampilan masuk ubuntu yang sudah di install

18. Instalasipun selesai ^_^ 



Terimakasih telah membaca artikel sederhana dari saya ^_^ semoga ilmu sederhana ini bermanfaat bagi orang yang membacanya :) 
Wassalamualaikum wr.wb

9 comments:
Write comments
  1. Wa'alaikum salam wr wb... makasih gan.. infonya bermanfaat.. jazzakallahu

    ReplyDelete
  2. Kalo pgn delete dualboot ubuntu nya gmn cranya gan

    ReplyDelete
  3. hapus aja partisi ubuntu nya di windows gan

    ReplyDelete
  4. Mw nanya klo untuk partisi /boot itu perlu ga ya kira2 di buat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu mbak.. buat bedain booting antara ke windows dan ke linuxnya :)

      Delete

Hey, saya juga punya blog lainnya lho- Adjie404
Join blog