Blognya Muhammad Adjie

Hubungi saya di cyber.xr@engineer.com

Blog Seputar Dunia Teknologi & Informasi IT.iyaiyaiya

Monday, May 18, 2015

Tutorial Install Windows Dengan Menggunakan Flashdisk | IT Knowledge


Bismillahirrohmanirrohim

 Hai sobat semua , kali ini cybermediainfo akan memberikan tutorial yang mungkin sobat semua sering bertanya-tanya , " Bagaimana sih cara install windows dari flasdisk ,notebook gue gak ada CD-ROMnya nih ,kalo gue beli CD-ROM eksternal yaa mahal ,dan pasti bakalan nambah biaya lagi dong "





Seperti yang dilansir oleh blog temen saya Pintarkomputer.com . Kenapa saya gak bikin sendiri memakai laptop sendiri tutorial ini ? jawabannya adalah laptop saya masih banyak tugas tugas sekolah’nya ,jadi gasempet install ulang dan bikin tutorial deh, sama kurang juga alat dan biaya! Maaf Kaka ^_^ Yang penting kan ilmu'nya bisa di share.
 gak usah panjang lebar deh ya , langsung saja kita menuju ke :

  • PERSIAPAN INSTALLASI

Ada beberapa hal yang harus kita persiapankan sebelum mulai mengisntall windows 7. Seperti dalah satu yang penting ialah flashdisk, dan adalah beberapa yang harus kia persiapkan:

1. USB Flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB (jika pakai 8 GB juga tidak masalah)

2. File Windows 7 (bisa dari DVD atau file ISO jika Anda memilikinya)

3. Software WinToFlash (untuk mentransfer file windows 7 ke USB flashdisk).

Perlu diingat, sebenarnya masih banyak software sejenis WintoFlash yang bisa Anda gunakan untuk mentransfer windows ke flashdisk. Namun, saya lebih merekomnedasikan software inidikarenakan pengoperasian yang mudah dan sederhana.
  • Cara Membuat Bootable Windows 7 di Flashdisk

1. Anda download terlebih dahulu software Wintoflash di website resminya pada tautan ini http://wintoflash.com/download/en/.
2. Setelah selesai download, jalankan WintoFlash seperti biasa.
Penting: Pastikan Flashdisk Anda sudah diformat!

3. Jika terdapat konfirmasi persetujuan, pilih saja I Accept. Kemudian klik Next terus.

4. Pada laman awal Wintoflash klik Windows Setup Transfer Wizard.


5. Kemudian klik Next untuk melanjutkan.
6. Pada laman ini, Anda pilih lokasi file ISO windows 7 pada komputer Anda, jangan lupa cek box "Use my ISO...". Kemudian pilih di drive mana flashdisk Anda terpasang, jika belum terbaca klik refresh. Kemudian Next untuk melanjutkan.




7. Jika diminta persetujuan pilih "I do Accept...",
Kemudian klik Continue dan tunggu sampai beberapa menit hingga proses selesai. Jika telah selesai klik saja Next dan keluar.



Sekarang Anda sudah mempunyai bootable windows 7 pada flashdisk. Selanjutnya kita mulai menginstall windows. Lihat panduan lengkap membuat bootable windows 7 di flashdisk.


  • Instal Windows 7 Dengan Flashdisk

1. Masukan Flashdisk yang sudah ada windows 7 tadi ke laptop atau komputer sebelum dinyalakan.

2. Nyalakan laptop atau komputer, jangan lupa masuk ke BIOS terlebih dahulu untuk mengatur booting agar melalui USB Flashdik. Masuk BIOS dengan menekan tombol DEL saat baru dinyalakan (Pada beberapa merk BIOS lain gunakan F2, F1, Esc, atau F10).

Setelah diatur booting melalui USB Flash, pilhi exit & save (yes), maka komputer akan restart secara otomatis.



3. Selanjutnya Instalasi Windows 7 akan berjalan otomatis seperti biasa sebagaimana kita menginstall menggunakan DVD installer. Untuk lebih lengkapnya klik tautan ini Cara Instal Windows 7, Cara Instal Windows 8, Cara Instal Windows 8.1

4. Perlu Diingat! Jika proses Expanding Windows Files telah selesai dan komputer me-restart, segera cabut flashdisk dari komputer/laptop dan melanjutkan installasi (Completing Installation). Apabila flashdisk tidak dicabut, maka akan mengulangi proses setup windows 7.



5. Setelah proses selesai, komputer akan restart kembali. Dan Anda diminta untuk mengisi data seperti Nama Pengguna, nama komputer, password, serial number, tanggal dan lain-lain. Proses installasi windows 7 menggunakan flashdisk akan dinyatakan selesai apabila sudah bisa masuk ke dekstop.





Saya sudah berupaya menampilkan dengan lengkap tutorial cara instal windows 7 dengan flashdisk dan dengan bahasa yang sederhana supaya mudah dipahami, dan proses install'nya pun berhasil. 

Selamat mencoba ya sobat , semoga berhasil. 

 Terimakasih Telah Berkunjung :)

No comments:
Write comments

Hey, saya juga punya blog lainnya lho- Adjie404
Join blog