Blognya Muhammad Adjie

Hubungi saya di cyber.xr@engineer.com

Blog Seputar Dunia Teknologi & Informasi IT.iyaiyaiya

Thursday, May 21, 2015

Cara Install DualBoot Windows dengan Linux Ubuntu | IT Knowledge



 Assalamualaikum wr.wb



Seperti yang kita ketahui semakin jaman semakin lama semakin canggih dan teknologi dan jaringan pun terus berkembang pesat. yang dulunya printer satu komputer satu printer sekarang jadi 1 printer satu ruangan ,yang dulunya gak ada laptop sekarang jadi ada. Nah begitupun pada sistem operasi , yang dulunya Cuma bisa 1 hardisk 1 sistem operasi , sekarang bisa jadi 2 , 3 ,4 ,5 ,goo *hehehe ini bukan lomba lari bang :D

  Seperti yang akan saya bahas dibawah ini ,jadi disini saya akan menjelaskan caranya install sistem operasi jadi 2 atau biasa disebut DualBoot ,Nah kebetulan disini saya akan mempraktekkan cara install dualboot antara sistem operasi dari windows
( windows 7  ) dan Linux ( Ubuntu 12.10 )
Sebenarnya tutorial tentang cara Install Ubuntu Desktop 12.10 Dual Boot Dengan Windows ini udah banyak banget bisa kita temuin di mesin pencarian Google. Karena saya disini niatnya untuk berbagi kepada pembaca setia cybermediainfo ,makannya saya bikinin tutorialnya. Saya mah gitu orangnya ^_^
Sebenernya ini pengalaman saya waktu Instal Ubuntu DualBoot dengan Windows 7. Tapi sekarang udah ganti jadi windows 8 .. hehe :D

 Ok deh udah kebanyakan ceritanya tutorial ya belum ditulis-tulis juga . tapi jangan bete ya sebentar lagi kok sebentar lagi dibikinin :D

kembali lagi ke artikel ini, sebernya artikel ini juga harus didukung dengan artikel artikel tentang manajemen partisi hardisk’nya , namun saya disini belum sempet bikin ,searching dulu aja yaa sobat :D
 Nah setelah partisi dibagi ,baru kita bisa instalasi ubuntu 12.10 nya, bisa lewat DVD atau lewat Flasdisk.

 Saya harapkan kalian semua sudah membuat bootable ubuntu 12.10, nahh ok ini langkah demi langkahnya :
1. Setting BIOS agar booting ke bootable Ubuntu 12.10 (Baik Lewat DVD/Flashdisk)

2.  kemudian jika berhasil akan tampil seperti ini

3. Jika anda ingin mencoba terlebih dahulu ubuntu terbaru ini bisa kalian klik try ubuntu jika memang nanti sudah yakin mau install ubuntu ya, yaudah langsung aja dah gak pake lama :D  klik install Ubuntu

4. tampil form Preparing to install Ubuntu. ini kita Continue dan kalau kita tidak terkoneksi internet maka kita pilih option yang pertama aja dan lanjutkan instalasi sampai tampil form installation Type.

5. Naah. hati-hati pada form ini ada 3 pilihan option :

  • option pertama : jika anda ingin install ubuntu dengan sistem operasi lain pilih option ini

  • option kedua : menghapus sistem operasi yang ada dan menggantinya dengan Ubuntu

  • option ketiga : jika anda pengguna tingkat lanjut maka pilih opsi ini karena kita nanti bisa membagi lagi partisi home,root, dan swap ya (bagi yang baru kenal linux pasti binggung tuh, sama kayak saya juga hahaha :D ).

6. jika anda memilih option pertama pilih install now dan langkah-langkah yang lainya tinggal next aja pasti jadi tuh ubuntu ya

7. jika anda memilih option ketiga maka disini saya mau jelasin dulu nih apa itu partisi home, root, dan swap

  •         Home : partisi home ini sama aja kayak my dokumen ya kalau diwindows tapi partisi ini gak masuk kedalam sistem dia terpisah jika nanti mau diinstal ulang lagi maka data-data kita masih tetep ada mantap kan ...hehe. Cara membuatnya pilih hardisk yang telah kita create di tutorial saya sebelumnya hapus partisi dengan klik tombol -(minus) kemudian buat dengan klik tombol +(plus)


  •         Root : partisi root(/) ini adalah pastisi untuk system ya, cara membuat ya silahkan lihat gambar (Pada Mount Point ya pilih garis miring(/)

  • Swap : partisi swap adalah partisi cadangan untuk memory jika mengalami carsh, te oo pp buanget neh linux ...hehe buatnya size partisi ya 2 kali dari memory RAM kita ...pada use as 

  • pilih swap area 

8.  Nah setelah ketiga partisi ini selesai saatnya kita install now




9. Pilih location negara kemudian continue

10. Pilih keyboard layout kemudian continue



11. Isi data user login dan password pilih continue lagi (awas jangan sampai lupa yaa ngisi username sama passwordnya).




12. setelah itu instalasi akan berjalan sekitar 15-30 menit tergantung panas api ya..eh kirain masak apa ...hehehe just kiding, klw udah berhasil maka tampil form istalasi complete dan meminta untuk restart , nah sobat tinggal restart aja deh.




OK ,Gimana ? Mudah bukan ? :D Habis ini sobat pasti bakalan bisa deh install dualboot,gak usah takut takut lagi.
 Kan lumayan 2 sistem operasi , sekalian belajar linux juga ,biar gak kaget nanti kalo megang unix :v

Demikianlah artikel saya mengenai cara dualboot windows 7 dengan Ubuntu 12.10
Semoga Bermanfaat  :)

No comments:
Write comments

Hey, saya juga punya blog lainnya lho- Adjie404
Join blog